21 Oktober 2009

Bandwith

BandWidth Explained

Perusahaan atau penyedia hosting tentunya menyediakan berbagai macam pilihan bandwidth dalam rencana mereka. Sebenarnya apa kaitannya antara bandwidth dengan webhosting itu sendiri? Secara sederhana, bandwidth adalah jumlah trafik yang dibolehkan mengalir antara website Anda dengan apapun yang ada di internet. Jumlah bandwidth yang dapat disediakan oleh para penyedia hosting ditentukan oleh koneksi jaringan mereka, secara internal dipengaruhi data center (pusat data) dan eksternal dipengaruhi oleh internet publik.

Konektivitas Jaringan

Internet, dalam istilah yang paling sederhana, adalah kumpulan jutaan atau bahkan lebih komputer-komputer yang terkoneksi melaui jaringan. Koneksi dalam internet ini bisa dalam ukuran kecil ataupun besar tergantung pada peralatan dan pengkabelan yang digunakan pada lokasi internet tertentu. Ukuran dari masing-masing koneksi jaringan inilah yang menentukan berapa banyak bandwidth yang tersedia. Misal, jika Anda menggunakan koneksi DSL untuk bisa terhubung ke internet, Anda memiliki bandwidth sejumlah 1,54 Mega bits (Mb). Bandwidth diukur dalam satuan bits (0 atau 1). Bits dikelompokkan dalam bytes dimana membentuk kata, teks, dan informasi lain yang ditransfer antara komputer Anda dan internet.

Jika Anda mempunyai koneksi DSL untuk terhubung ke internet, Anda memiliki bandwidth mandiri antara komputer Anda dan penyedia internet Anda (ISP). Namun bisa jadi ISP Anda memiliku ribuan koneksi DSL yang menuju lokasi mereka. Semua dari koneksi ini menjadi satu dalam ISP Anda dimana masing-masing memiliki koneksi mandiri ke internet (atau banyak koneksi) dimana kebih besar ketimbang koneksi tunggal Anda. Mereka mungkin saja menyediakan bandwidth yang cukup memadai untuk melayani kebutuhan Anda sebagaimana kebutuhan pelanggan yang lain. Jadi, selama Anda menggunakan koneksi sebanyak 1,54 Mb ke ISP Anda, ISP Anda mungkin saja menyediakan koneksi sebesar 255 Mb ke internet sehingga dapat mencukupi kebutuhan Anda dan juga pada 166 pengguna lainnya (255/1,54).

TRAFIK

Sebuah analogi sederhana untuk memahami bandwidth dan trafik adalah dengan membayangkan antara jalan raya dan mobil. Bandwidth adalah jumlah lajur di atas jalan raya dan trafik adalah jumlah mobil dalam jalan raya. Jika Anda merupakan satu-satunya mobil yang berada di atas jalan raya, Anda dapat bepergian dengan cepat. Jika Anda terkena macet di dalam waktu-waktu padatnya, Anda mungkin bepergian dengan jalan yang cukup lambat dikarenakan semua lajur sedang digunakan.

Trafik secara sederhana merupakan jumlah bits yang ditransfer dalam koneksi jaringan. Sangat mudah memahami istilah trafik ini dengan menggunakan beberapa contoh. Satu Gigabyte adalah 2 pangkat 30 byte , yaitu 1.073.741.824 bytes. Satu Gigabyte sama dengan 1.024 megabytes. Sebagai gambaran, untuk menimpan satu karakter dibutuhkan satu byte. Bayangkan jika terdapat 100 file kabinet dalam suatu gedung, setiap kabinet menyimpan 100 folder. Setiap folder menyimpan 100 kertas. Setiap kertas terdiri atas 100 karakter - Satu GB adalah seluruh karakter dalam gedung. Sebuah lagu MP3 berukuran sekitar 4MB, lagu yang sama dalam format wav bisa berukuran sekitar 40MB, sebuah film dapat berukuran 800MB sampai 1000MB (1000MB = 1GB).

Jika Anda akan mentransfer lagu mp3 ini dari website ke dalam komputer Anda, Anda akan membuat trafik sebesar 4MB antara website tempat Anda men-download lagu tersebut dengan komputer Anda. Tergantung koneksi jaringan antara si website dengan internet, transfer data bisa saja terjadi dengan sangat cepat, atau memakan waktu yang agak lama jika terdapat orang lain yang sedang men-download file yang sama dalam waktu yang bersamaan. Jika, misalnya, website tempat Anda download mempunyai koneksi ke internet sebesar 10MB, dan Anda satu-satunya orang yang sedang mengakses website tersebut untuk men-download lagu MP3, file 4MB Anda akan menjadi satu-satunya trafik dalam website tersebut. Namun bagaimanapun, jika terdapat 3 orang yang men-download file MP3 yang sama dalam waktu yang bersamaan, maka akan terbuat trafik sebesar 12 MB (3 x 4MB). Dikarenakan dalam contoh ini, si penyedia hosting hanya menyediakan bandwidth sebesar 10MB, seseorang diharuskan menunggunya. Media jaringan dalam penyedia hosting akan berputar ke setiap orang yang sedang men-download file dan mentransfer sejumlah kecil porsi dalam waktu tertentu sehingga setiap file dari masing-masing orang akan ditransfer, namun transfer file yang terjadi untuk semua orang akan menjadilebih lambat. Jika 100 orang semuanya datang bersamaan dan men-download MP3 secara bersamaan, transfer file akan menjadi sangat lambat. Jika pihak hosting inting menurunkan waktu download secara simultan, dia bisa meningkatkan alokasi bandwidth koneksi internet mereka (tentunya harus meng-upgrade media atau peralatannya.)

Hosting Bandwidth

Dalam contoh di atas sebelumnya, kita telah mendiskusikan istilah trafik dengan permisalan download suatu file MP3. Bagaimanapun, setiap kali Anda mengunjungi suatu website, Anda telah membuat trafik, yaitu dikarenakan untuk dapat menampilkan halaman dari suatu website ke komputer Anda, halaman website pertama kali harus di-download ke komputer Anda (antara website dan Anda) dimana kemudian ditampilkan dengan menggunakan software browser (Internet Explorer, Firefox, dll). Halaman itu sendiri secara sederhana adalah sebuah file yang membuat trafik sebagaimana file MP3 dalam contoh sebelumnya (bagaimanapun, sebuah halaman website biasanya berukuran lebih kecil ketimbang file musik).

Sebuah halaman web bisa berukuran kecil atau besar tergantung dari jumlah teks, jumlah dan kualitas gambar yang terintegrasi dalam halaman web tersebut. Misal, halaman web CNN.com adalah sekitar 200KB (200 Kilobytes = 200.000 bytes = 1.600.000 bits). Hal ini termasuk dalam kategori ukuran besar untuk sebuah halaman web. Sebagai bandingannya, homepage yahoo sekitar 70KB.

Berapa besar bandwidth yang mencukupi?

Tergantung. Dikarenakan bandwidth merupakan salah satu penentu yang cukup signifikan dalam perencanaan biaya hosting, Anda sebaiknya memikirkan sejenak mengenai berapa nesar jumlah bandwidth yang tepat untuk Anda. Hampir setiap penyedia hosting menetapkan ukuran penggunaan bandwidth dalam hitungan bulanan, jadi Anda perlu memperkirakan jumlah bandwidth yang akan dibutuhkan oleh website Anda dalam waktu satu bulanan.

Jika Anda berkeinginan menyediakan kemampuan download file dari situs Anda, maka formulasi penghitungan bandwidth kurang lebih sebagai berikut:

Code:

Rata2 pengunjung harian x Rata2 Page Views x Rata2 ukuran halaman x 31 x Fudge Factor

Jika Anda berkeinginan untuk mengijinkan orang2 mendownload file dari situs Anda, perhitungan bandwidth kurang lebihnya adalah:

Code:

[(Rata2 pengunjung harian x Rata2 Page Views x Rata2 ukuran halaman) +
(Rata2 file download harian x Rata2 ukuran file)] x 31 x Fudge Factor

Mari kita periksa setiap item dala formula:

Rata2 pengunjung harian - jumlah orang yang mengunjungi situs Anda, secara rata2, setiap hari. Tergantung pada bagaimana Anda memasarkan situs Anda, jumlah ini dapat terletak antara 1 sampai 1.000.000.

Rata2 Page Views - Secara rata2, jumlah halaman web yang dilihat oleh pengunjung situs Anda. Jika Anda memiliki 50 halaman web dalam situs, rata2 pengunjung akan melihat sekitar 5 dari halaman2 tersebut setiap kali mereka berkunjung.

Rata2 ukuran halaman - Ukuran rata2 dari halaman web Anda, dalam satuan Kilobytes (KB). Jika Anda telah mendesain situs Anda, Anda dapat menghitung hal ini secara langsung.

Rata2 file download harian - Jumlah download yang terjadi pada situs Anda. Ini merupakan sebuah fungsi dari jumlah pengunjung dan berapa banyak pengunjung tersebut mendownload sebuah file, secara rata2, setiap hari.

Rata2 ukuran file - Rata2 ukuran file dari file2 yang bisa didownload pengunjung dari situs Anda. Sebagaimana halaman2 web, jika Anda telah mengetahui file2 mana yang telah didownload, Anda dapat menghitungnya secara langsung.

Fudge Factor - Suatu angka yang lebih besar dari 1. Penggunaan angka 1.5 sudah mencukupi, dimana asumsi bahwa perkiraan Anda berkurang 50%. Bagaimanapun, jika Anda tidak pasti, Anda dapat menggunakan angka 2 atau 3 untuk memastikan bahwa kebutuhan bandwidth Anda mencukupi atau lebih dari yang dibutuhkan.

Biasanya, berbagai macam tipe hosting menawarkan bandwidth dalam istilah Gigabytes (GB) perbulan. Inilah mengapa formula di atas diambil secara rata2 harian dan dikali dengan angka 31.

KESIMPULAN

Kebanyakan dari situs2 personal ataupun bisnis kecil2an tidak membutuhkan bandwidth lebih dari 1GB dalam sebulan. Jika Anda memiliki website yang tersusun atas halaman2 statis dan Anda perkirakan trafik yang agak sedikit untuk situs Anda dalam basis harian, pilihlah bandwidth dengan rencana atau pilihan yang rendah. Jika pemakaian bandwidth melebihi apa yang sudah Anda perkirakan, perusahaan penyedia hosting Anda akan mengenakan baya tambahan sejumlah kelebihan pemakaian bandwidth.