Teringat Janji kita
Bekerja merupakan sarana ibadah, sudah semestinya kita mempertahankan reputasi kita di kantor tempat bekerja, pernah saya dengar ada seseorang yang kontraknya dihentikan karena tidak disiplin dengan alasan urusan rumah tanggannya atau pekerjaan sampingan di luar sana. Terkadang salah betindak dan terkesan tergesa - gesa akan membuat reputasi kita di kantor memburuk. Jika reputasi sudah memburuk, maka secara otomatis, kepercayaan rekan kerja serta atasan pada kita akan berkurang dan apa yang akan terjadi menjadi bayangan negatif bagi kelangsungan pekerjaan kita.
Untuk itu, perlu diketahui beberapa hal yang bisa mempertaruhkan reputasi kita di kantor. diantaranya
Tidak Konsentrasi
Setiap pekerjaan, ringan hingga berat pasti memerlukan konsentrasi agar mendapatkan hasil yang maksimal. Jika seringkali Anda mengerjakan tugas kantor tanpa konsentrasi penuh, maka dapat dipastikan hasilnya pun kurang baik.
Seringkali masalah pribadi menjadi alasan hilangnya konsentrasi dan fokus kerja kita. Namun tentu saja hal tersebut tak bisa menjadi pembenaran. Ketimbang membawa masalah pribadi ke kantor, lebih baik ajukan cuti untuk menyelesaikannya.
Tidak Tepati Janji
Ingin tampil sempurna di mata atasan bukanlah hal yang salah. Namun berjanji untuk mengerjakan semua hal yang diminta tanpa perhitungan bukanlah cara yang bijak. Keterbatasan waktu hingga kemampuan diri harus sejalan dengan ucapan janji semata.
Lebih baik kerjakan saja tugas yang memang menjadi keahlian kita dengan maksimal. Jangan menjanjikan sesuatu yang hanya membuat kita susah. Jika kita berjanji, namun tak bisa menepati hanya akan membuat nama baik kita rusak.
Janji adalah hutang, sering kita merasa perlu menjanjikan sesuatu pada atasan ataupun rekan kerja agar merasa 'aman' tetapi ketika pada saatnya kita tidak dapat menepati janji tersebut kita merasa bersalah dan berdosa pada diri sendiri dan orang yang kita janjikan.dan jangan sampai kita tergolong orang munafik.
Sok Tahu
Sok tahu dan sok pintar tidak akan membuat kita tampak lebih baik. Lagak tahu segala hal demi terlihat impresif justru akan membuat kita terjebak dalam kesulitan. Ingat pepatah ‘Tong kosong nyaring bunyinya’, jagalah omongan kita demi nama baik.
Lari Dari Tanggung Jawab
Kesalahan dalam dunia kerja adalah hal yang biasa. Yang fatal adalah lari dari tanggung jawab karena takut berbuat salah. Kita tidak akan selalu tampil sempurna dalam bekerja, namun lari dari tanggung jawab bukanlah cara yang baik untuk mengatasinya. Lebih baik review selalu hasil kerja kita untuk hasil kerja yang lebih baik lagi.
Bergosip
Sekali saja kita mengembuskan gosip tentang perusahaan atau kehidupan rekan kerja, maka selamanya kita akan terkenal sebagai tukang gosip. Tukang gosip bukanlah titel yang baik, apalagi di dunia kerja. Dengan kata lain, kita dianggap sebagai orang yang tak bisa dipercaya.
mengutip blogjardiknasjateng.org. Juni2010
Label: Motivasi
<< Beranda